Home / ARTIKEL / AJI KSATRIA BRATA (OSIS SMK NEGERI 2 PURWOKERTO)

AJI KSATRIA BRATA (OSIS SMK NEGERI 2 PURWOKERTO)

oleh Fahreza Adi Prabowo

OSIS adalah singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah. Organisasi OSIS dibentuk di tingkat sekolah menengah yaitu SMP dan SMA. OSIS beranggotakan seluruh siswa yang ada di suatu sekolah dengan mendapatkan pembinaan dari guru di sekolah tersebut. OSIS sendiri menjadi wadah bagi para siswa di suatu sekolah untuk mencapai tujuan pembinaan dan pengembangan siswa yang sesuai dengan visi-misi sekolah.

OSIS memfasilitasi para siswa untuk belajar bertanggung jawab sesuai tugas masing-masing pengurus demi kepentingan sekolah dan seluruh siswa. Selain itu, OSIS juga mempunyai fungsi sebagai pendorong berkembangnya kemampuan dan kreativitas siswa. OSIS juga bisa berfungsi mencegah munculnya pengaruh negatif pada siswa. Dengan adanya OSIS, siswa bisa mempunyai kegiatan yang lebih berpositif sehingga bisa memaksimalkan kemampuan berkreativitas dan menyalurkan bakat siswa ke hal-hal yang bermanfaat bagi siswa dan sekolah.Osis dapat melatih jiwa kepemimpinan, melatih skill public speaking, melatih kemampuan bekerja sama dalam sebuah tim, melatih kemampuan manajemen, membangun relasi.

OSIS mempunyai tujuan untuk memberikan fasilitas kepada para siswa untuk mengekspresikan kreativitasnya, dan berpartisipasi untuk hal-hal yang positif. OSIS juga bertujuan untuk melatih keterampilan berorganisasi dan bersosialisasi anggotanya.OSIS bertugas mengendalikan aktivitas anggotanya untuk bisa lebih terarah dan lebih berpositif. Selain itu semua siswa yang tergabung dalam kepengurusan OSIS juga memiliki tugas masing-masing yang spesifik sesuai dengan jabatan yang sudah dibagi. Setiap anggota pengurus OSIS memiliki tugas masing-masing yang harus dijalankan dengan penuh tanggung jawab.

OSIS AKSATA SMK Negeri 2 Purwokerto sering disebut sebagai AKSATA (AJI KSATRIA BRATA). Aji bisa diartikan sebagai Anak Muda, Ksatria : Berkarakter, Setia, dan Bertanggungjawab, Brata : Mampu mengemban Amanah. Jadi dapat disimpulkan AKSATA adalah : Sekelompok anak muda (OSIS SMK N 2 Purwokerto) yang setia dan kukuh dalam menegakan kebenaran serta bertanggung jawab kepada Amanah yang diemban.

 

        Makna keseluruhan dari logo AKSATA :

 

  1. Sayap yang berjumlah 10 hela memiliki arti 10 seksi bidang yang ada di OSIS SMK Negeri 2 Purwokerto.
  2. Merah Putih terletak di tengah logo memiliki arti Bendera Indonesia yang mewadahi OSIS.
  3. Logo OSIS adalah logo umum dari Organisasi Siswa Intra Sekolah yang berarti harapan bangsa dan kesucian jiwa siswa.
  4. Perisai Segilima yang memiliki arti OSIS menjadi wadah bagi 4 organisasi lainya di SMK Negeri 2 Purwokerto.
  5. Tagline SMK N 2 Purwokerto memiliki arti tempat atau rumah kepengurusan OSIS itu bergerak.

 

Jadi dapat disimpulkan arti dari logo AKSATA adalah OSIS dengan 10 sekbid memberikan kontribusi yang besar untuk sekolah sekaligus mewadahi aspirasi siswa dan diberi kepercayaan untuk menaungi 4 organisasi lainya di SMK Negeri 2 Purwokerto dengan batas dan ketentuan yang ada serta menjadi symbol Gerakan kepengurusan osis yang mendorong siswa maju dan berkembang untuk bangsa dan negara.

 

Seksi Bidang OSIS AKSATA SMK Negeri 2 Purwokerto

 

  1. Seksi Bidang Keimanan dan Ketakwaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa
  2. Seksi Bidang Lingkungan Hidup dan Budi Pekerti
  3. Seksi Bidang Kepribadian Unggul, Wawasan Kebangsaan, dan Bela Negara
  4. Seksi Bidang Pembinaan Prestasi Akademik, Seni, dan Olahraga
  5. Seksi Bidang Demokrasi, HAM, Pendidikan Politik, Lingkungan Hidup, Kepekaan dan Toleransi dalam Konteks Masyarakat Plural
  6. Seksi Bidang Kreatifitas, Keterampilan, dan Kewirausahaan
  7. Seksi Bidang Kualitas Jasmani, Kesehatan, dan Gizi.
  8. Seksi Bidang Seni dan Budaya
  9. Seksi Bidang Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK)
  10. Seksi Bidang Pembinaan Komunikasi dan Bahasa

 

 

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelepasan Peserta Didik kelas XII dan XIII SMK Negeri 2 Purwokerto

  Rabu, 8 Mei 2024, SMK Negeri 2 Purwokerto melaksanakan Apel Pelepasan Peserta Didik kelas ...