Home / AGENDA SEKOLAH / Suara Demokrasi SKADA; Penerapan Pembelajaran P5

Suara Demokrasi SKADA; Penerapan Pembelajaran P5

Dalam kurikulum merdeka, ada mata pelajaran baru yaitu profil pelajar pancasila. Profil Pelajar pancasila adalah karakter dan kemampuan yang dibangun dalam keseharian dan dihidupkan dalam diri setiap individu pelajar melalui budaya sekolah, pembelajaran intrakulikuler, projek penguatan profil pelajar pancasila dan budaya kerja, maupun ekstrakulikuler. Dengan terwujudnya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diharapkan dapat menginspirasi peserta didik dan semua yang berkepentingan untuk memberikan kontribusi dan dampak yang positif bagi lingkungan sekitar. Ada beberapa dimensi profil pelajar pancasila: beriman, bertakwa kepada Tuham Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong-royong, mandiri, bernalar kritis, kreatif.

Senin, 5 September 2022 siswa SMK Negeri 2 Purwokerto mengikuti kegiatan P5 dengan tema “Suara Demokrasi”. Pemilihan tema ini menurut Kordinator P5 SMK N 2 Purwokerto, Isnandar Zaenal Fathurokhman, S.Pd., sangat tepat karena selain belajar siswa bisa mempraktekannya langsung pada waktu pemilihan Ketua Osis SMK N 2 Purwokerto. Untuk menunjang kegiatan tersebut, Kordinator P5 menggandeng Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banyumas. Dengan harapan peserta didik  dapat memahami konsep demokrasi, pentingnya demokrasi, mengerti syarat pemilih, tahapan pemilihan, cara penyaluran suara, tata cara pelaksanaan, dan pengambilan keputusan. Pemateri kegiatan tersebut adalah anggota  dari KPU Kabupaten Banyumas yaitu; Yasum Surya Mentari S.IP, Hanan Wiyoko S.IP, dan   Khasis Munandar S.Pd.I.

Kegiatan terebut berlangsung dengan cukup lancar meskipun dilakukan pada siang hari. Para peserta menyimak pemateri dengan khidmat dan penuh antusias. Hal tersebut sangat terlihat ketika sesi tanya jawab. Para peserta berebut untuk maju ke depan baik untuk bertanya maupun mengeluarkan pendapatnya terkait demokrasi di Indonesia. Pembekalan dari KPU dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 5-7 September 2022, untuk kemudian akan dilaksanakan pemilihan Ketua Osis pada tanggal 17 September 2022.

About Admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pelepasan Peserta Didik kelas XII dan XIII SMK Negeri 2 Purwokerto

  Rabu, 8 Mei 2024, SMK Negeri 2 Purwokerto melaksanakan Apel Pelepasan Peserta Didik kelas ...